Jangan Hanya Membangun Pura

Pembangunan sumber daya Hindu sampai saat ini masih jauh tertinggal. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kesadaran dari umat Hindu itu sendiri. Sebut saja misalnya ber-dana punia, kesadaran umat masih rendah. Kesadaran berdana punia itu masih sering ditujukan untuk pembangunan pura, padahal sisi lainnya seperti pendidikan kita masih jauh tertinggal.

Hal itulah yang didiskusikan dalam sosialisasi Badan Dharma Dana Nasional (BDDN) di lingkungan umat Hindu Mabes TNI AU pertengahan Juni lalu (13/6). Marsekal Muda TNI I Gusti Made Oka, Wakil Kepala Staf TNI AU (Wakil KSAU) mengatakan bahwa kesadaran umat harus dibangun untuk mendukung BDDN. Ia mencontohkan bahwa negara bisa kuat kalau warganya memiliki kesadaran yang baik. ”Begitu juga dengan BDDN akan kuat bila didukung umat,” jelasnya. Saat ini, lanjutnya banyak hal yang membutuhkan dana punia tapi jangan hanya membangun Pura.

Hal yang sama juga ditegaskan Wayan Alit Antara, Ketua BDDN. Ia mengatakan bahwa umat Hindu kini harus fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) seperti pendidikan, pemberdayaan ekonomi, dan kesehatan. ”Awal menjabat ketua BDDN saya sudah sampaikan agar kita tidak hanya membangun Pura terus. Sudah saatnya kita fokus pada pembangunan SDM,” jelasnya kepada peserta.

Leave a Comment

We would be glad to get your feedback. Take a moment to comment and tell us what you think.

2 + one =