Kenapa Ber-Dharma Dana?

Pertanyaan itu sering dilontarkan dalam obrolan-obrolan dalam berbagai kesempatan. Mulai yang serius dalam ruang formal diskusi, obrolan di jejaring sosial, hingga obrolan di kantin-kantin. Ya, kalau singkatnya, itu memang merupakan bhisama dari Sabha Pandita yang kalau kita pinjam istilah sahabat kita muslim disebut dengan fatwa. Bhisama Sabha Pandita ini dikeluarkan tahun 2002 di Mataram. Bhisama ini mengandung pokok-pokok bahwa dana   punya merupakan salah satu ajaran agama Hindu yang harus ditaati oleh seluruh umat Hindu sebagai suatu kewajiban suci.

Dalam Sarasamuscaya 261 – 262 ditegaskan bahwa “…dan caranya berusaha memperoleh sesuatu, hendaklah berdasarkan dharma, dana yang diperoleh karena usaha, hendaklah dibagi tiga, sebagai sarana mencapai yang tiga itu, perhatikanlah itu baik-baik. Inilah hakekatnya maka dibagi tiga yang satu bagian sarana mencapai dharma, bagian yang kedua sarana untuk memenuhi kama, bagian yang ketiga sarana melakukan kegiatan usaha dalam bidang artha, itu agar berkembang kembali, demikian hakekatnya maka dibagi tiga, oleh orang yang ingin peroleh kebahagian”.

Selanjutnya dalam Wrhaspati Tattwa sloka 26 dinyatakan tujuh macam perbuatan yang tergolong Dharma, yaitu:
1.Sila – Tingkah laku yang baik
2.Yajna – Pengorbanan
3.Tapa – Pengendalian Diri
4.Dana – Pemberian
5.Prawrjya – Menambah ilmu pengetahuan suci
6.Diksa – Penyucian diri / dwijati
7.Yoga – Menghubungkan diri dengan Tuhan.
Berdasarkan pembagian Dharma tersebut, serta peruntukan dari penghasilan seseorang, makan dapat diperinci sebagai berikut : 100:3:7 = 4,8% sehingga hasilnya bila dibulatkan menjadi 5 %. Dengan demikian setiap umat Hindu wajib menyisihkan 5% dari penghasilan bersihnya secara khusus untuk dana punya.
Dari angka 5% tersebut, Parisada Pusat telah menetapkan 2,5% untuk dharma dana. Dan 2,5% lagi untuk memenuhi kewajiban-kewajiban lainnya seperti banjar, sosial, dan bantuan lainnya.

Leave a Comment

We would be glad to get your feedback. Take a moment to comment and tell us what you think.

four × one =