Kewajiban Berdharma Dana

”Tuhan Yang Maha Esa tidak akan memberikan anugrah kepada orang-orang yang
memperoleh kekayaan dengan tidak jujur. Demikian pula yang tidak mendermakan
sebagian miliknya kepada orang-orang miskin dan yang sangat memerlukan. Tuhan
Yang Maha Kuasa akan mengambil kekayaan untuk orang-orang yang tamak dan
menganugrahkannya kepada orang-orang yang dermawan”. (Rg.veda V.34.7).

Sloka tersebut sangat menyentuh yang mengajak kita untuk berbagi kepada sesama. Tegurannya jelas, tidak akan mendapat anugrah dan mengalihkannya kepada mereka yang dermawan. Pertanyaan selanjutnya sejauh mana kita bisa memahami untuk melaksanakan sloka tersebut ?
Manusia memang senantiasa dihinggapi oleh keegoan dan ketamakan sehingga sering melupakan kewajiban kepada sesama.

Lebih jauh lagi dipaparkan dalam sloka Rg.veda X. 117.4, yaitu ”Ia yang hanya mementingkan diri dan menikmati makanan untuk dirinya sendiri dan menolak memberikan kepada orang-orang yang miskin dan sangat kelaparan sesungguhnya tidaklah pantas dijadikan sahabat”.

Begitu mulianya ajakan untuk berbagi kepada sesama. Dan begitu mulianya umat yang bisa melaksanakan kewajiban ber-Dana tersebut. Terimakasih kepada umat Sedharma yang sudah melunasi kewajibannya berdharma dana.

2 Comments

  1. anak agung gede rai
    18 June 2014 at 4:15 AM

    Selamat pagi, Om Swastiastu, Langsung saja, 1. Saya tidak setuju istilah wajib dan angka 2,5%. Berdharma jangan diwajibkan dan jangan dihitung persenannya. 2. Untuk akuntabilitas dan mencegah dosa, laporan penggunaan dharma dana bisa diakses di mana? Suksma. Anak Agung Gede Rai.

    Reply »
    1. redaksi
      19 June 2014 at 6:23 AM

      Om Swastyastu, Berikut tanggapan kami terhadap pertanyaan bapak. 1. Istilah wajib dan angka 2,5% merupakan Bhisama Sabha Pandita Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat No. 01/Bhisama/Sabha Pandita Parisada Pusat/X/2002 tentang Dana Punya. 2. Laporan Tahunan sudah diaudit oleh akuntan publik dan kami upload di web ini. AR ini baru kami upload karena web ini mengalami masalah pada server pusatnya dan dalam kondisi perbaikan. Suksme atas kepedulaian dan dukungannya kepada BDDN.

      Reply »

Leave a Comment

We would be glad to get your feedback. Take a moment to comment and tell us what you think.

five × two =