Kita Harus Menjadi Teladan

“Kita harus menjadi teladan dalam melaksanakan kewajiban ber-dharma dana sesuai dengan amanat sabha pandita, apalagi bapak ibu sebagai karyawan Dirjen Bimas Hindu merupakan front line dalam pembinaan umat Hindu di Indonesia” demikian paparan Wayan Alit Antara selaku ketua BDDN dalam acaara sosialisasi Dharma Dana di Dirjen Bimas Hindu. Sosialisasi ini kali kedua dilaksanakan di instansi pemerintahan yang bertugas membina umat Hindu tersebut.

Acara yang dilaksanakan di ruang sidang Kementerian Agama RI, Jumat, 27 Pebruari 2015  tersebut dihadiri oleh Sekretaris Direktorat (Bapak Wayan Suarta), Direktur Urusan Agama (Bapak Wayan Budha), Direktur Pendidikan (Bapak Ida Bagus Gede Subawa), pejabat eselon tiga dan karyawan-karyawati Dirjen Bimas Hindu. Dari Parisada Pusat hadir bapak Ketut Arnaya selaku ketua urusan ekonomi. Kegiatan tersebut juga dihadiri dari perwakilan komunitas Shiks.

Dalam sambutannya Sekretaris Direktorat Dirjen Bimas Hindu menyampaikan Dirjen Bimas Hindu bisa mendukung program BDDN dari Direktur Urusan Agama berupa program pemberdayaan ekonomi umat dan Direktur Pendidikan berupa program beasiswa. “Hal ini bisa disinkronkan dengan program yang ada di kementerian” pungkas beliau.

Sebagai ujung tombak dalam pembinaan umat Hindu terlihat para karyawan-karyawati sangat antusias mengikuti sosialisasi ini. Keseriusan peserta tampak jelas dalam sesi sumbang saran. Salah satunya muncul usulan agar Parisada Pusat membuat semacam kesepakatan bersama dengan Dirjen Bimas Hindu dan institusi yang berada di bawah binaan Dirjen Bimas Hindu sehingga potensi pegawai dan guru agama Hindu yang berjumlah kurang lebih 7.000 orang dapat dioptimalkan dalam membayar dharma dana. Selain memberikan saran optimalisasi tersebut pihak Dirjen pun akan meningkatkan jumlah dharma dananya ke BDDN tahun ini.

Leave a Comment

We would be glad to get your feedback. Take a moment to comment and tell us what you think.

fifteen − ten =