Kokohkan Persatuan melalui Dharma Santi

Setelah merayakan hari raya Nyepi tahun baru Caka 1939 pada tanggal 28 Maret bulan lalu, kini umat Hindu bersiap melaksanakan Dharma Santih. Kegiatan ini memiliki esensi untuk menjalin silaturahmi antar umat manusia, sehingga tercipta kehidupan yang rukun, saling menghrmati, mengahargai dan menjaga semangat persatuan dan kesatuan. Semangat melaksanakan kegiatan Dharma Santih adalah keinginan untuk hidup damai dalam bingkai kebhinekaan. Dengan demikian, akan tumbuh semangat baru untuk memperbaiki hal-hal untuk kepentingan bersama yakni masa depan bangsan dan kesejahteraan umat manusia.

Kagiatan Dahrma santih tahun ini tentunya sangat istimewa. Karena sebelumnya Umat Hindu juga merayakan hari Raya Galungan sebagai peringatan kemenangan dharma (kebenaran) melawan adharma (ketidak benaran). Bahwa dengan merayakan Galungan berarti umat Hindu telah memenagkan dirinya dari sifat-sifat buruk serta nafsu yang timbul dari panca indranya. Dengan begitu sangatlah tepat jika hari ini sebagaian besar umat Hindu di seluruh daerah di Indonesia melaksanakan Dharma Santih.

Dharma Santih banyak dilaksanakan di tingkat Kabupaten/Kota, propinsi dan juga nasional. Bahkan tidak jarang juga dilaksanakan oleh instansi-instansi pemerintahan seperti Polri, TNI, BUMN dll. Artinya Dharma Santi adalah momen umat Hindu untuk merekatkan persatuan, menjalin hubungan kekeluargaan untuk menciptakan santih (damai). Semoga Dharma Santi pada tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat juga berbahagian.

Leave a Comment

We would be glad to get your feedback. Take a moment to comment and tell us what you think.

four × 3 =