Memenangkan Dharma

Layaknya seorang serdadu yang pulang dengan kemenangan, begitu juga halnya dengan umat hindu yang berhasil mengalahkan musuh-musuh dalam dirinya pantas untuk merayakan kemenangan itu. Setiap enam bulan sekali umat hindu merayakan hari Suci Galungan, yakni pada wuku Dungulan.

Hari Raya Galungan dimaknai kemenangan Dharma (Kebaikan) melawan Dharma. (Keburukan). Mengenai makna Galungan dalam lontar Sunarigama dijelaskan sebagai berikut:

Budha Kliwon Dungulan Ngaran Galungan patitis ikang janyana samadhi, galang apadang maryakena sarwa byapaning idep.

Artinya:

Rabu Kliwon Dungulan namanya Galungan, arahkan bersatunya rohani supaya mendapatkan pandangan yang terang untuk melenyapkan segala kekacauan pikiran.

Dua Puluh Lima hari sebelum hari raya galungan yakni Tumpek Wariga. Tumpek Wariga/Pengatag merupakan hari dimana umat hindu menghaturkan sesajen kepada tumbuh-tumbuhan yang ada di bumi sebagai rasa syukur manusia atas segala kelimpahan makanan dan banyak fungsi dari tumbuh-tumbuhan yang membantu kehidupan manusia. Karena itu, Tumpek Pengatag ini mesti dijadikan tonggak untuk memelihara kelestarian lingkungan, khususnya tumbuh-tumbuhan. Apalagi, di Bali saat ini hutan-hutan mulai gundul, bahkah kini telah ditebang untuk pemukiman. Ini tentu akan sangat mengganggu ekosistem yang ada.
Sehari sebelum hari galungan, dikenal dengan Penampahan.

Penampahan berasal dari kata tampah artinya bahwa pada hari ini manusia melakukan pertempuran melawan Adharma, atau hari untuk mengalahkan Bhuta Galungan dengan upacara pokok yakni Mabyakala yaitu memangkas dan mengeliminir sifat-sifat kebinatangan yang ada pada diri, bukan semata-mata membunuh hewan korban, karena musuh sebenarnya ada di dalam diri (Sad Ripu, Sad Atatayi, Sapta Timira, dll), dan bukan di luar diri kita termasuk sifat- sifat hewani tersebut. Ini sesuai dengan lontar Sundarigama yaitu “Pamyakala kala malaradan”. Inilah puncak dari Brata dan Upavasa umat Hindu, bertempur melawan semua bentuk Ahamkara – kegelapan yang bercokol dalam diri.

Leave a Comment

We would be glad to get your feedback. Take a moment to comment and tell us what you think.

four × 4 =