Nyepi dan Dharma Dana

Hening dan penuh makna introspeksi, itulah yang ada pada diri umat Hindu saat merayakan Hari Raya Nyepi. Nyepi merupakan momen untuk melakukan pembenahan baik dalam diri maupun lingkungan. Setidaknya peningkatan kualitas kehidupan dapat dicapai pada tahun berikutnya. Pun dalam kewajiban sosial maupun keagamaan, setidaknya kita dapat melakukan apa yang terbaik sesuai dengan kewajiban yang telah ditentukan.

Nyepi, tidak saja introspeksi diri. Parisada telah menetapkan Nyepi sebagai momen untuk ber-Dharma Dana, yaitu membayar kewajiban sebesar 2,5% dari penghasilan untuk Dharma Dana sesuai dengan bhisama Sabha Pandita dan ketetapan Mahasabha IX Parisada. Kewajiban ini tidak serta merta atau bahkan meniru ‘tetangga sebelah’, namun ada dasar perhitungannya sebagaimana dipaparkan dalam bhisama Sabha Pandita tahun 2002 dan ketetapan Mahasabha IX Parisada tahun 2006.

Jadi, berhentilah mengeluh dan mari kita membayar Dharma Dana.

2 Comments

  1. Dewa gede arjawa
    27 March 2017 at 7:06 PM

    kewajiban sebesar 2,5% dari penghasilan untuk Dharma Dana sesuai dengan bhisama Sabha Pandita dan ketetapan Mahasabha IX Parisada. Kewajiban ini tidak serta merta atau bahkan meniru ‘tetangga sebelah’, namun ada dasar. Dasarnya bs tlng dibantu dijelaskan ya ? Karena jujur. Baru kali ini saya baca disini, Keluar angka 2.5%. Maaf saya bukan ahli dlm ber agama. Tp saya cm pengen tahu... Apa dasar paling mendasar,sampaj keluar angka 2.5%

    Reply »
    1. redaksi
      5 April 2017 at 1:49 PM

      Om Swastyastu, Iya pak, suksema atas keingintahuannya. Dalam Sarasamuscaya 262 – 264 ditegaskan dana yang diperoleh karena usaha, hendaklah dibagi tiga, - Sedana rikasidaning dharma - Sedana rikasadaning kama - Sedana rikasadaning artha Sedana rikasadaning dharma dalam Wrespati Tattwa sloka 26 dirinci menjadi 7, yaitu : Sila (tingkah laku yang baik), Yajna (pengorbanan), Tapa (pengendalian diri), Dana (pemberian), Prawrjya (menambah ilmu pengetahuan suci), Diksa (penyucian diri/Dwijati) dan Yoga (menghubungkan diri dengan Tuhan Yang Maha Esa). Berdasarkan pembagian Dharma tersebut, serta peruntukan dari penghasilan seseorang, maka dapat diperinci sbb : 100 : 3 : 7 = 4,8 %, yang dibulatkan menjadi 5 % Dalam Bhisama Sabha Pandita , kewajiban 5% itu dibagi dua sehingga diperoleh 2,5% yang wajib dibayarkan untuk Dharma Dana, sedangkan 2,5 % lagi bisa disalurkan melalui lembaga lain seperti banjar dan lain-lain. Begitu perhitungannya pak, mohon maaf apabila ada yang kurang.

      Reply »

Leave a Comment

We would be glad to get your feedback. Take a moment to comment and tell us what you think.

13 + 17 =