Mengapa Harus Ber-Dharma Dana?

Berbicara tentang kewajiban, umat Hindu memiliki 2 (dua) kewajiban yakni dharma agama dan dharma negara. Dharma agama melekat karena keyakinan. Ketika kita meyakini bahwa segala yang ada di dunia ini adalah ciptaan Tuhan (Ida Sang Hyang Widhi Wasa) maka secara kita harus menjalankan printah-printah Kitab Suci Weda sebagai Tuntunan Hidup. Di satu sisi umat Hindu juga harus dapat melaksanakan kewajibannya kepada negara. Sebagai mahkluk sosial dan bagian dari masyarakat maka umat dituntut dapat memberikan kontribusi kepada negaranya.

Dharma (kewajiban) umat di dalam agama sebetulnya kompleks sekali. kitab suci Weda telah memberikan bimbingan dan tuntunan untuk menuju hidup yang Moksartam Jagadita Ya Ca Iti Dharma. Dikatakan bahwa berdahrma dana di jalam kali yuga ini adalah dharma paling tinggi.

Manawadharmasastra I.86 menyebutkan bahwa “Pada jaman Krtayuga tapalah yang paling utama, pada jaman Traitayuga jnana yang paling utama, pada jaman Dvaparayuga yajna yang paling utama, pada jaman Kaliyuga dana yang paling utama”
Sekarang baigaiaman cara mencapainya tergantung pada individu itu sendiri menjalankannya. Ketika ingin meningkatkan spiritualnya, maka iya akan lebih giat menekuni dan menjalankan printah-printah agama.

Leave a Comment

We would be glad to get your feedback. Take a moment to comment and tell us what you think.

two × two =