Para Pandita/ Pinandita Hindu merupakan pemimpin yang menjadi teladan bagi umat Hindu. Salah satu tugas yang harus dijalankan oleh Pandita/ Pinandita adalah memimpin upacara keumatan. Selain itu Pandita/ Pinandita juga fokus pada pembinaan-pembinaan keumatan untuk meningkatkan sradha dan bhakti umat. Tentu dengan tugas mulia ini, hidupnya tidak lagi fokus pada duniawi sehingga perlu didukung oleh umat Hindu itu sendiri.

Melihat fenomena yang ada, Pandita/ Pinandita kita masih kurang mendapat perhatian dari umatnya. Contohnya saja kesehatan, tidak ada jaminan kesehatan yang pasti bagi para Pandita/ Pinandita tersebut. Selain itu dukungan umat masih bersifat individual dan bersifat jangka pendek. Untuk itu, Parisada menggagas program kesehatan sebagai jaminan kesehatan maupun jaminan jiwa para Pandita/ Pinandita sehingga mereka dapat menjalankan tugas lebih baik lagi.

Program kesehatan ini merupakan salah satu program prioritas Parisada Pusat yang sumber dananya didukung Badan Dharma Dana Nasional (BDDN) yang menghimpun Dharma Dana umat Hindu. Program kesehatan ini direalisasikan melalui Asuransi Pandita dan Pinandita. Melalui program ini, Parisada dan BDDN ingin mengajak umat Hindu untuk berpikir: bukan hanya menerima, mari berbagi.

Dalam pelaksanaannya, Parisada menugaskan Komite Nasional Parisada untuk melakukan seleksi dan proses penyaluran program kesehatan ini agar tepat sasaran. Komite Nasional Parisada terdiri dari orang-orang yang kompeten sehingga proses penyaluran program-program Parisada dapat dilakukan secara transparan, akuntabel, berkeadilan dan melalui mekanisme tata kelola yang baik (good corporate governance).

Dalam pelaksanaan proses seleksi, Komite Nasional Parisada bekerjasama dengan Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) untuk suplay data para Pandita maupun Pinandita. PSN merupakan organisasi para rohaniawan Hindu yang tersebar hampir diseluruh Indonesia. Dengan kerjasama ini, Komite Nasional Parisada lebih mudah dalam proses seleksi maupun penyaluran program asuransi ini.