Program Prioritas Dharma Dana

Umat Hindu tersebar di seluruh pelosok negeri. Memiliki budaya yang berbeda satu dengan yang lain karena pengaruh local genius setempat. Umat Hindu di Jawa masih kental dengan adat Kejawen, umat Hindu di Bali masih syarat akan ritual keagamaan, begitu juga dengan umat Hindu lainnya yang ada di Kalimantan, Sulawesi maupun derah lainnya. Dimanapun umat hindu berada, harapannya dapat maju secara spiritual, pendidkan, ekomonomi dan kesehatan.

Melihat kompleksnya persoalan yang dihadapi umat Hindu saat ini, baik dibidang informasi, politik, ekonomi, sosial dan budaya, menuntut segenap pemimpin umat dapat mencari solusi akar persoalan tersebut. Dari persoalan yang ada sebetulnya dapat di selesaikan bila ada arahan yang jelas dari lembaga kegamaan umat Hindu untuk bergotong royang memikulnya. Umat Hindu Bali memang tidak bisa dipisahkan dari rutinitas agama yang masing begitu kental dengan upacara dan upakara. Tentu aktivitas keagamaan tesebut tidak sedikit mengeluarkan biaya, belum lagi dengan hari suci lainnya yang harus dirayakan. Terkadang menimbulkan kesan bahwa pelaksanaan upacara agama Hindu lebih besar pada aspek seni yang memakan banyak biaya, sementara makna spiritualnya tidak di perhatikan. oleh karena itu pahaman nilai-nilai agama yang bersumber dari kitab Suci Weda seharusnya menjadi pilar dalam kehidupan.

Dari segi ekomoni, umat Hindu sudah bisa dikatakan menengah ke atas. Umat Hindu yang ada di luar daerah Bali baik itu Jawa maupun daerah lainnya yang mulanya sebagai masyarakat rantau juga cukup mapan dalam ekonomi. Tetapi kita tidak dapat menampikkan bahwa masih ada daerah yang sebetulnya membutuhkan bantuan. Program pemberdayaan ekonomi umat adalah pilihan yang tepat untuk membangun dan menciptakan usaha keumatan baik perorangan maupun kelompok. Di bidang pendidikan, sumber daya manusia (SDM) seharusnya juga menjadi fukus bersama. Majunya teknologi di semua aspek kehidupan berawal dari pendidikan. Generasi muda hindu yang melek pendidikan adalah modal majunya umat hindu masa depan. sementara itu, disisi lain kesehatan umat juga bagian dari pembangunan jangka panjang. Kemampuan menyediakan sarana penunjang kesehatan dan program-program kesehatan oleh lembaga umat untuk umat Hindu sendiri adalah langkah nyata dalam memperhatikan pelayanan umat.

Berangkat dari persoalan-persoalan diatas, Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat tidak berpangku tangan melihat kondisi umat Hindu. Melalui Yayasan Adikara Dharma Parisad, Parisada merintis gerakan riil meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan kesejahteraan umat Hindu. Program prioritas yang dijalankan berupa pemberian Beasiswa bagi generasi muda Hindu yang berprestasi namun tidak mampu secara ekonomi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Selanjutnya Parisada juga berusaha meningkatkan kesejahteraan umat Hindu melalui program pemberdayaan ekonomi umat dengan memberikan bantuan dana bergulir kepada umat Hindu baik secara individu maupun kelompok usaha. Program ini bertujuan untuk membantu umat Hindu mengembangkan usaha ekonomi yang dijalankannya yang selanjutnya bantuan ini akan bergulir pada individu atau kelompok usaha yang lain sehingga diharapkan bisa menopang kesejahteraannya. Sementara itu sebagai wujud apresiasi pada Pandita dan Pinandita yang telah mendedikasikan hidupnya untuk melakukan pelayanan pada umat, Parisada memberikan bantuan dana kesehatan bekerjasama dengan Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Pusat.

Leave a Comment

We would be glad to get your feedback. Take a moment to comment and tell us what you think.

sixteen + sixteen =