ketum_kagamaDharma Dana, Tingkatkan Kualitas  Umat

Rasanya kita layak bercita-cita untuk bisa  memiliki lembaga yang kuat, professional dan kredibel.  Jika umat lain saja mampu menggerakan dana umat  yang demikian besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)  serta membantu kehidupan saudara-saudaranya yang kekurangan, seharusnya kitapun mampu melakukannya.

Keberadaan Yayasan Adikara Dharma Parisad tidak terlepas dari BDDN yang merupakan organ Parisada Pusat yang bertugas menghimpun Dharma Dana umat Hindu. Untuk penghimpunan Dharma Dana sebagai dana publik, BDDN membutuhkan payung hukum. Untuk itu, Parisada Pusat membentuk Yayasan Adikara Dharma Parisad yang memayungi kegiatan BDDN.  Yayasan didirikan oleh tokoh-tokoh umat sebanyak 45 orang dengan total setoran modal sebesar Rp 144.500.000,-

Kegiatan yayasan merupakan penugasan dari Parisada melalui Badan Pembina Yayasan sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ ART) serta undang-undang yang berlaku. Ruang lingkup kegiatan yayasan meliputi keagamaan, sosial, dan kemanusiaan, dan direalisasikan melalui program-program yang tergantung dari kemajuan dalam penghimpunan Dharma Dana.

Dengan tuntasnya masalah kelembagaan, BDDN makin fokus untuk menjalankan fungsinya mewujudkan impian umat yang peduli untuk dapat berperan sebagai lembaga pengelola Dharma Dana umat yang professional dan kredibel dengan prinsip-prinsip tata kelola yang baik (good governance). Dengan demikian diharapkan akan terbentuk trust umat Hindu kepada Parisada Pusat.

Menumbuhkan kesadaran umat untuk melaksanakan Dharma Dana sesuai Bhisama  tidaklah  mudah, perlu kerja keras dan pantang menyerang. Sosialisasi Dharma Dana adalah tugas dari seluruh komponen Parisada mulai dari Pengurus Parisada Pusat sampai daerah-daerah. Sosialisasi melalui dharma wacana saja tidak cukup, perlu dengan keteladan dari Pengurus Parisada, para pejabat, dan pemimpin, tokoh, dan intelektual  umat Hindu.

Dengan sumber pendanaan yang masih terbatas, Parisada Pusat menentukan skala prioritas dalam realisasi program-program keumatan yang dilaksanakan oleh Yayasan. Program prioritas antara lain:  Pendidikan berupa Beasiswa, Bantuan Kesehatan, dan Pemberdayaan Ekonomi Umat. Sejak diluncurkan, program-program prioritas Parisada disambut sangat antusias oleh umat se-Dharma, animo yang  membesarkan hati dan mendorong kami untuk bekerja dan melayani umat dengan lebih baik dimasa mendatang.

Kami juga sangat lega dan bahagia karena telah dapat mengantar  sebagian kecil,  putra-putri Hindu untuk mewujudkan cita-citanya  meneruskan pendidikan  kejenjang pendidikan tinggi diberbagai   Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia seperti :  Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Udayana. Kepada mereka, generasi muda Hindu yang berpendidikan dan cendekia, kita akan menitipkan masa depan lembaga kearah yang lebih baik.

Program Kesehatan yang direalisasikan melalui asuransi jiwa bagi para Pandita dan Pinandita juga disambut sukacita. Program yang telah direalisasikan tahun 2009 ini  diharapkan mampu menggugah umat agar lebih peduli kepada para para Pandita dan Pinandita yang mengabdikan lebih banyak  kehidupannya pada pelayanan umat.

Dibidang ekonomi, kami merancang program pemberdayaan ekonomi umat yang direalisasikan dikantong-kantong umat Hindu. Program pemberdayaan ekonomi ini diharapkan mampu memperbaiki taraf hidup yang pada  akhirnya akan meningkatkan kualitas kehidupan umat Hindu. Selain itu, kami juga melakukan program-program lain yang dibutuhkan untuk peningkatan kualitas sumber daya umat Hindu. Secara berkala, kami menyampaikan informasi kegiatan-kegiatan Yayasan melalui newsletter, email, website, dan media lainnya.

Dalam kesempatan berbahagia ini, semoga makin banyak umat yang aktif  membayar Dharma Dana sebagai  salah satu kewajiban hidup yang akan membantu kita untuk menyucikan diri dan melepaskan keterikatan. Melalui Dharma Dana yang terhimpun, kami berharap di masa depan kontribusi Parisada tidak hanya dalam bentuk pencerahan batin dan spiritual semata, tapi juga  tercatat berperan aktif mewakili umat dalam meningkatkan kualitas  kehidupan sosial, pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan bersama.