Sevanam

Dalam agama Hindu dijelaskan bahwa kehidupan ini untuk mencapai kesejahteraan dunia dan kebahagian lahir batin di jalan dharma. Begitu juga tahapannya, keseimbangan antara dharma, artha, kama, dan moksa harus sejalan. Dalam realitas terkadang kita sering melupakan dharma dan selalu mengejar artha ataupun kekayaan. Selalu memenuhi keinginan (kama) dengan melupakan dharma. Lantas bagaimana mau mencapai moksa?

Kita ada untuk memberikan pelayanan yang baik kepada sesama. Sebagian orang menyebutnya bahwa hidup ini untuk pelayanan (sevanam). Dalam konteks pelayanan ini, tugas kita adalah memberikan bantuan kepada sesama untuk meringankan bebannya, baik pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan sebagainya.

Pelayanan sebagaimana ditegaskan dalam Rgveda.I.15.8 yang menyatakan Semoga kita dapat mengabdikan diri kita menjadi instrumen Tuhan Yang Maha Esa dan dapat membagikan keberuntungan kita kepada orang-orang miskin dan mereka yang membutuhkan. Doa itu tentu harapan kita bersama untuk meringankan sesama.
Sebuah pertanyaan kemudian menggugah kita bersama, sudahkah kita melakukan sevanam untuk meringankan beban sesama?

Leave a Comment

We would be glad to get your feedback. Take a moment to comment and tell us what you think.

9 − 3 =