Simakrama Wakil Rakyat dengan Rakyat

Bertempat di Bale Bengong Halim Perdana kusuma, Kamis, 27 Nopember 2014 dilaksanakan simakrama antara, anggota DPR RI, DPD RI, Menteri yang beragama Hindu dan Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia dengan tokoh-tokoh umat Hindu. Direncanakan dalam acara simakrama tersebut akan hadir 9 orang anggota DPR RI, 4 orang anggota DPD RI, 1 orang menteri dan Dirjen Bimas Hindu. Namun sampai dengan pukul 18.45 Wib yang semestinya acara sudah dimulai pukul 17.00 wib, undangan yang hadir baru 1 orang anggota DPR RI dan 2 orang anggota DPD RI. Anggota DPR RI yang hadir adalah I Putu Sudiartana sedangkan dari DPD RI yang hadir adalah Gde Pasek Suardika, dan Arya Wedakarna. Hadir pula dalam acara tersebut Prof Ida Bagus Yuda Triguna (mantan Dirjen Bimas Hindu), para ketua organisasi keumatan tingkat nasional, mantan ketua parisada dan tokoh umat hindu yang lain. Acara baru dimulai setelah kedatangan Dirjen Bimas Hindu, Prof. Drs. Ketut Widnya, MA, M.Phil, Ph.D.

Mengawali acara, Ketua Parisada, S.N. Suwisma, sebagai inisiator terlaksananya simakrama tersebut menuturkan dalam sambutannya bahwasanya acara ini dilaksanakan sebagai wujud angayubagia (syukur) umat Hindu atas pelantikan dan pengangkatan tokoh-tokoh terbaik Hindu di DPR RI, DPD RI, Kabinet Kerja 2014-2019 dan Dirjen bimas Hindu Kemenag RI. Acara ini juga sebagai ajang untuk memperkenalkan tokoh-tokoh hindu yang duduk di parlemen maupun pemerintahan kepada umat Hindu.

Dalam kesempatan tersebut S.N. Suwisma juga memperkenalkan pucuk-pucuk pimpinan organisasi keumatan tingkat nasional. Tidak ketinggalan Badan Dharma Dana Nasional pun diperkenalkan pada seluruh undangan yang hadir. “Sampai dengan saat ini kita melalui BDDN sudah mampu menghimpun dan mengelola dana dari umat Hindu sejumlah Rp. 5 Milyar. Jumlah ini masih cukup kecil mengingat BDDN dan Bhisama Sabha Pandita tentang Dana Punia sudah dikeluarkan 2002 silam. Bila saja ada 1000 orang dari 10 juta orang umat Hindu di Indonesia mendermakan penghasilannya antara 5-10 juta rupiah pertahun, maka akan terkumpul dana sekitar 5-10 milyar rupiah pertahun. Dengan dana tersebut banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sumber daya manusia Hindu.”pungkasnya.

Simakrama kemudian dilanjutkan dengan pesan dharma dari Prof. IB Yuda Triguna yang menekankan swadharma wakil rakyat harus dilaksanakan dengan baik. Kemudian dalam sambutannya Dirjen Bimas Hindu memberikan kayword pentingnya pembinaan kepada umat Hindu karena pada jaman Kaliyuga ini kecenderungan orang berbuat yang tidak sesuai dengan ajaran agama sangat tinggi. Acara kemudian ditutup dengan testimoni dari anggota DPR RI dan DPD RI yang hadir.

Leave a Comment

We would be glad to get your feedback. Take a moment to comment and tell us what you think.

six + twenty =