Sosialisasi Program Pendidikan BDDN

Bertempat di gedung Dharma Sewanam, Pura Aditya Jaya Rawamangun, Minggu, 31 Mei 2015 DPP Peradah DKI Jakarta menyelenggarakan sosialisasi program pendidikan BDDN berupa beasiswa Dharma Dana Parisada yang untuk tahun ini sudah memasuki angkatan ke tujuh. Dalam acara tersebut hadir pembimas DKI Jakarta I Gusti Made Mudana, S.Ag, Ketua Parisada DKI Jakarta Kombes Pol (Purn) I Ketut Wiardana, SH dan peserta yang berasal dari Kesatuan Pemuda Suka Duka Hindu Dharma (KPSHD) se jabodetabek.

Ketua DPP DKI Jakarta, Made Widhi mengungkapkan kegiatan ini dilaksanakan mengingat masih banyak generasi muda Hindu yang membutuhkan biaya untuk kuliah. Untuk mewujudkan cita-cita generasi muda Hindu yang terkendala dana tersebut Parisada memiliki BDDN yang bertugas menghimpun dana umat yang nantinya akan kembali lagi pada umat dalam wujud program.

“Pada kesempatan ini kami menghimbau kepada umat Hindu untuk melaksanakan kewajibannya berdharma dana”, ungkapnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Pembimas Hindu DKI Jakarta menyampaikan pada masa ini kebanyakan umat Hindu berdana punia untuk kegiatan upacara namun sangat sedikit yang terguguah untuk kegiatan kemanusiaaan seperti program beasiswa parisada ini.

“Sudah banyak yang berdharma wacana tentang dana punia, namun masih sedikit yang bisa menjadi teladan dalam prakteknya. Kami dari pembimas Hindu DKI Jakarta siap untuk berdana punia melalui BDDN”, tegasnya.

Kegiatan sosialisasi berjalan lancar dengan hadirnya dua nara sumber, yaitu bapak DR. Nyoman Marpa dan DR. Ketut Arnaya, SE.,MM. Point penting yang disampaikan oleh DR. Nyoman Marpa adalah hanya dengan pendidikan umat Hindu bisa bersaing diera globalisasi ini. Sedangkan DR. Ketut Arnaya menjelaskan 2,5% dharma dana  dari penghasilan setahun umat Hindu wajib disalurkan melalui BDDN. Hal ini sesuai dengan Bhisama Sabha Pandita yang wajib hukumnya untuk dilaksanakan.

Leave a Comment

We would be glad to get your feedback. Take a moment to comment and tell us what you think.

eight − four =